Sabtu, 25 Februari 2012

Chopin Piano Concerto No. 1 In E Minor

Woookeeeee, setelah posting Ravel Piano Concerto yang jazzy, sekarang pindah ke lagu era Romantik yang sekarang sering banget aku dengerin di hapeku, Chopin!

Hehe, emang aku suka banget dengerin lagu klasik, terutama piano dan lebih suka lagi kalo udah dalam bentuk concert ama orkestra.

Thank you very much for Nodame who introduced me with this music, aku nemu lagu ini sebagai lagu debut Nodame bersama Stresseman di London. Menurut deskripsi Ninomiya-sensei di Nodame Cantabile (melalui Stresseman, tentu aja), lagu ini diciptakan Chopin ketika dia akan meninggalkan Warsawa, Polandia, untuk mengejar karir bermusiknya di Wina.

1st movement

2nd movement

3rd movement



Menurutku sih, lagu ini seperti ini (kita pake subjeknya si A) : Intronya yang megah di Allegro maestoso menggambarkan kehidupan yang sudah dilalui. Kisah hidup di A yang dinamik, penuh tawa dan tangis, itu menurutku yang tergambarkan di 1st movement ini.

Di 2nd movement, Romance - Larghetto, si A aku bayangkan sudah saat dia berjalan di jalannya sendiri. Di bagian ini, si A sadar bahwa pilihan hidup ada di tangannya, dan dia harus memutuskan. Aku sempat kepikiran bahwa bagian ini agak galau, soalnya menggambarkan kebimbangan si A apakah pilihan yang dia pilih benar atau tidak.

Di bagian terakhir, Rondo - Vivace, nada-nada tarian Polandia (yang aku temukan sebagai ciri khas lagu gubahan Chopin) menggambarkan bahwa si A udah mantap dan kini akan melangkahkan kaki ke masa depan dengan kepastian bahwa si A akan berhasil. Tahu bahwa banyak orang mendukung keputusannya, membuat hatinya semakin mantap. Penutupan 3rd movement ini seakan-akan mengatakan "aku pasti bisa!".

Ahahahaha, aku ngerasa analisisku aneh he? Menurutmu?

Beruntung banget aku bisa nemu lagu ini 3 movements-nya sekaligus. Panjang banget lhoooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar